Selasa, 10 Juni 2014

ASAL MUASAL DESA BANMATI SUKOHARJO JAWA TENGAH

hey guys,, kali nie nay ngepost asal muasal desa yang nay tumpangin,, yaitu desa BANMATI yang ada di sukoharjo daerah jawa tengah,,
mogha bermanfaat buat agan2 sma sister2 yang nyari tugas


ASAL-MUASAL
DESA BANMATI
sbk.jpg
Pada zaman dahulu kala, tepatnya saat jaman kerajaan solo. Seorang raja yaitu Pakubuanan IX, ingin melihat kerajaan Banyu Biru. Untuk mencapai kerajaan Banyu Biru, ia dan para pengawalnya ,melewati sungai Bengawan Solo dengan menggunakan rakit. Sebelum berangkat menuju kerajaan Banyu Biru sang raja ingin sekali mengajak salaj satu abdi dalem Kinasih, akhirnya sang abdi dalem menyetujui ajakan tuannya itu.
Beberapa lama kemudian sampailah rombongan sang raja disungai yang ingin mereka sebrangi, akhirnya mereka menyebrangi sungai itu, sungai yang merupakan terusan dari sungai Bengawan Solo. Tetapi saat sang abdi dalem dan rombongan raja sampai diselatan sungai tanpa diduga sang abdi dalem meninggal secara tiba-tiba tanpa sebab.
Lalu sang abdi dalem yang penurut itu dikuburkan di kuburan Malwapati. Tempat dimakamkannya sang abdi dalem sampai sekarang masih terjaga sebagai bukti terdapat sebuah Sendang ( sumur) yang meskipun pada musim kemarau sumur itu masih saja tetap memancarkan sumber air, dan didaerah sekitarnya pun banyak sekali ikan yang mudah hidup disana, yangmana para warga bergantung dari hasil tersebut.
Untuk mengenang kesetiaan sang abdi dalem tersebut sang Raja Pakubuanan IX mengeluarkan ikrar yang isinya, apabila desa tempat abdi dalem meninggal dunia, suatu saat akan diramaikan penduduk maka desa ini akan dinamakan desa “MBANMATI”. Dalam bahasa jawa Abdi Dalem disebut juga Biyung Mban, karena sang abdi dalem tesebut meninggal maka desa MbanMati berarti kematian si Mban ( Abdi Dalem).




Sumber: Bp. HARSO TARUNA (69)
Nomor : 089632383568



Tidak ada komentar:

Posting Komentar